October 25, 2020

Jenis-Jenis Obat Antibiotik Lengkap Yang Harus Anda Pahami

Jenis-Jenis Obat Antibiotik Lengkap Yang Harus Anda Pahami

Antibiotik merupakan jenis obat yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri. Penggunaan obat ini memang harus sesuai resep dokter. jika di konsumsi sembarangan bisa mengganggu kondisi tubuh. Antibiotik bekerja dengan cara menghentikan dan membunuh bakteri penyakit yang berkembangbiak di tubuh. Perlu anda tahu tidak semua penyakit harus diberikan antibiotik. Infeksi bakteri ringan sebenarnya tidak perlu antibiotik karena bisa sembuh sendiri. namun infeksi bakteri yang tidak kunjung sembuh, memang dibutuhkan obat ini. berikut ini beberapa jenis obat antibiotik lengkap yang harus anda pahami.

Penisilin

Penisilin termasuk antibiotik yang sering digunakan untuk infeksi bakteri. Misalnya mengobati meningitis, infeksi streptococcus, faringitis, gonore dan mencegah endocarditis. Untuk penderita gangguan ginjal,biasanya disarankan untuk mengkonsumsi obat ini bila ada infeksi bakteri. Penisilin ada yang berbentuk sirup kering, kaplet dan suntikan. Beberapa jenis antibiotik penisilin antara lain amoxicilin, ampicillin, oxacillin dan penicillin G.

Sefalosporin

Obat antibiotik sefalosporin biasanya berbentuk tablet, suntikan dan sirup kering. Penggunaan obat ini harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Karena setiap infeksi bakteri memiliki dosis yang berbeda-beda. Ada beberapa penyakit infeksi yang diobati dengan antibiotik jenis ini. seperti otitis media. Infeksi tulang, infeksi saluran kemih dan infeksi kulit. Konsumsi obat ini bisa menyebabkan efek samping. Seperti nyeridada, sakit kepala, hingga syook. Jenis sefalosporin di pasaran antara lain: cefuroxime, cefadroxil, cefixime, cefatoxim, cefatiam, ceftrarolin dan lainya.

Aminoglikosida

Aminoglikosida juga digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Seperti infeksi kulit, otiti eksterna dan peritonitis. Konsumsi antibiotik ini harus sesuai anjuran dan pengawasan dokter. anda tidak bisa membelinya sembarangan di apotik. Karena efek sampingnya bisa membuat gangguan kesadaran. Bentuk obat ini ada yang suntik, tetes mata dan salep. Beberapa jenis aminoglikosida yang biasa digunakan antara lain tobranycin, paromomycin, amikacin, gentamicin, neomycin dan kanamycin.

Tetrasklin

Bentuk antibiotik tratrasklin banyak sekali. Ada yang berbentuk salep mata, salep, suntik dan kapsul. Tetrasiklin digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Seperti anthrax, sifilis, brucellosis, tifus dan jerawat. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak usia dibawah 12 tahun. Penggunaanya pun harus sesuai anjuran dokter. jenis tetrasklin yang sering diresepkan antara lain doxycycline, tetracycline, minocycline, dan lainnya.

Masih banyak jenis antibiotikĀ  yang digunakan untuk mengobati atau mencegah infeksi bakteri. Seperti namanya obat ini hanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan bakteri. Tidak semua jenis penyakit harus diresepkan obat ini. saat periksa ke dokter pastikan tanya obat saja yang diberikan. Penggunaan antibiotik berlebihan bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap bakteri dan akhirnya akan lebih susah sembuh. UntukĀ  membeli resep obat antibiotik lengkap, anda bisa membeli di hdmall.id.

shares