August 12, 2020

Jangan Dimanja, Ini 4 Cara Mendidik Anak agar Mandiri dan Berani

Cara Mendidik Anak agar Mandiri dan Berani

Kemandirian dan keberanian yang dimiliki oleh seseorang bukannya muncul begitu saja, melainkan telah dilatih sejak dini. Maka dari itu, Anda yang sekarang ini berperan sebagai orang tua, harus bisa mendidik anak agar nantinya ia jadi pribadi yang mandiri dan berani. Berikut 4 cara mendidik anak agar mandiri dan berani yang bisa Anda terapkan langsung di rumah.

  1. Ajak Anak Bersosialisasi dengan Dunia Luar

Latih keberanian anak dengan mengajaknya bersosialisasi dengan dunia luar. Jangan jadi orang tua yang hanya membiarkan anak main di dalam rumah saja. Ajak ia berbaur dengan orang lain di sekitar lingkungan rumah Anda, khususnya teman seusianya. Dengan mengajarkannya bersosialisasi, anak nantinya tak akan merasa risih atau tak nyaman saat berada di tengah banyak orang.

  1. Biarkan Anak Mengambil Keputusan untuk Dirinya

Banyak anak yang tumbuh dewasa menjadi individu yang dependen pada orang tua, karena orang tuanya memang terbiasa menjadi pengambil keputusan untuknya. Nah, jangan sampai hal ini terjadi pada anak Anda. Latih kemandirian anak Anda dengan membiarkannya memilih atau mengambil keputusan untuk dirinya sendiri.

Susah gak sih caranya? Jawabannya sama sekali tidak. Anda bisa mulai dengan membiarkannya memilih baju apa yang ingin dipakainya hari ini, saat akan pergi main ke luar rumah. Bisa juga, Anda memberikannya opsi menu makan siang, untuk kemudian dipilihnya satu saja. Dengan cara ini, Anda akan bisa melatih kemandirian si kecil, terutama dalam hal membuat keputusan.

  1. Jadilah Contoh Terbaik untuk Anak

Orang tua merupakan contoh paling dekat, yang sangat mungkin untuk ditiru oleh anak. maka dari itu, mengapa Anda tak mencontohkan padanya mengenai kemandirian dan keberanian itu? Misalnya saja bagi anak yang takut untuk berenang. Anda bisa masuk dulu ke dalam air, memperlihatkan kepada anak bahwa semuanya akan baik-baik saja jika ia melakukan hal yang sama.

  1. Beri Apresiasi atau Pujian atas Keberanian dan Kemandirian Anak

Tak bisa dipungkiri bahwa pujian atau apresiasi sangat disukai oleh anak. Anak akan merasa jadi orang yang begitu istimewa, kala Anda memuji hal yang ia lakukan. Oleh karena itu, mengapa Anda tak memujinya saat ia berani atau mandiri melakukan sesuatu hal yang baik. Misalnya saja, Anda bisa memberikan pujian kala ia berani untuk tidur sendiri di kamarnya untuk pertama kalinya.

Anak tak akan selamanya hidup di bawah pengawasan Anda. Akan tiba masanya ia menghabiskan lebih banyak waktu di luar, di mana saat itu keberanian dan kemandirian sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, jangan sampai gagal dalam melatihnya jadi pribadi yang berani dan mandiri. Anda bisa terapkan 4 cara mendidik anak agar mandiri dan berani yang telah diulas sebelumnya.

shares