October 1, 2020

5 Cara Meningkatkan Imunitas agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

5 Cara Meningkatkan Imunitas agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

 Daya tahan tubuh merupakan pondasi utama agar anak terbebas dari segala penyakit. Maka dari itu, sebagai orang tua pasti ingin melindungi anaknya agar daya tahan tubuh anak kuat. Nah, berikut ini cara meningkatkan daya tahan tubuh anak agar daya tahan tubuh tidak drop dan anak tidak mudah sakit.

  1. Berikan Buah dan Sayur

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, kita bisa memberikan makanan yang mengandung fitonutrien seperti wortel, kacang hijau, jeruk, dan stroberi. Fitonutrien berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak bekerja dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih sehingga tubuh mampu melawan infeksi dan virus.

Mengonsumsi makanan yang mengandung fitonutrien juga dapat mengurangi risiko anak terkena penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung saat anak tumbuh dewasa. Anda juga bisa memberikan sayuran yang mengandung sulfur seperti brokoli, kangkung dan bayam yang membantu kerja detoksifikasi tubuh dari paparan polusi dan kimia.

  1. Ajak Anak Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara alami yang paling ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Tak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan sel pembunuh kuman, menguatkan otot jantung dan memperkuat tulang serta otot. Dengan berolahraga maka tubuh secara otomatis menjadi lebih kuat dalam menangkal serangan penyakit.

Ajaklah anak berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, berlari atau berenang. Buatlah jadwal agak anak olahraga secara rutin dan harus dilakukan setiap hari agar menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan bagi anak.

  1. Istirahat yang Cukup

Anak-anak yang kurang tidak juga lebih mudah tertular penyakit. Kurang tidur dapat menyebabkan berkurangan jumlah sel penangkal penyakit berbahaya seperti kanker. Normalnya anak-anak perlu tidur 10 jam setiap hari. Hal ini harus diterapkan agar anak dapat mengisi kembali energi dan mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

  1. Jauhkan Dari Paparan Rokok

Asap rokok dan polusi kendaraan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh apalagi bagi anak-anak. Asap rokok dapat mengiritasi organ pernafasan anak sehingga membuat anak-anak lebih rentan terkena penyakit seperti bronkitis atau asma. Apabila ada anggota keluarga yang merokok sebaiknya sarankan untuk merokok di luar rumah dan jauh dari anak-anak.

  1. Ajarkan Anak Rajin Cuci Tangan

Biasanya anak-anak suka bereksplorasi di luar ruangan. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus mengajari mereka untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun. Tangan adalah media transmisi kuman dan virus, sehingga apabila tidak cuci tangan maka akan menyebabkan anak mudah terkena penyakit.

Ajarkan mereka mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan tak lupa digosok selama 20 detik kemudian bilaslah dengan menggunakan air mengalir. Cuci tangan merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan kuman dan virus yang menyerang daya tahan tubuh anak.

Meskipun tak bisa menghindari segala penyakit, namun melakukan pencegahan-pencegahan memang sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa menerapkan 5 cara di atas agar daya tahan tubuh anak kuat. Dampingi dan ingatkan anak-anak agar tetap menjalankan gaya hidup yang sehat dan bersih.

shares