October 1, 2020

Servis Mobil Tepat Waktu, Keuntungan pun Didapat

Servis Mobil Tepat Waktu, Keuntungan pun Didapat

Pernah mendengar bahwa mobil mimiliki ‘nyawa’? Mobil tidak akan menyala jika bensin habis, dan terkadang kita hanya sekadar memikirkan untuk memenuhi kebutuhan pasokan bensin, agar dia tetap dapat mengantar kita ke tempat-tempat yang diinginkan. Padahal mobil itu ‘bernyawa’ yang juga butuh perawatan terhadap body dan seluruh komponennya.

Bisa dibayangkan jika mobil hanya terus dipakai tanpa diperhatikan perawatan yang dibutuhkan olehnya. Body luar pasti berdebu dan kotor jika tidak pernah dicuci. Bagian dalam pasti pengap, karena sirkulasi dari AC mobil yang buruk dan kotor. Suara mesin yang tidak pernah diservis juga pasti akan terdengar kasar. Parahnya,  kecelakaan kerap terjadi karena pengguna lalai tidak mau memeriksakan kondisi rem dan ban.

Ketika kita memutuskan untuk memiliki mobil, sudah seharusnya kita siap akan dana yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan roda empat ini. Padahal dengan rutin melakukan servis mobil, kita akan mendapatkan keuntungan dalam mengendara. Diantaranya ialah kondisi mobil menjadi lebih optimal, berkendara menjadi lebih aman dan nyaman, dan membuat mobil kita terhindar dari kerusakan yang menjalar.

Komponen yang rusak pada mesin mobil jika dibiarkan dan terus dipaksakan untuk berkendara dapat menyebabkan kerusakan yang parah. Sehingga melakukan servis akan menghindari kerusakan yang dapat menjalar pada komponen lainnya. Keuntungan lainnya ketika kita rajin melakukan servis berkala, maka sebenarnya kita akan menghemat pengeluaran. Tidak akan banyak komponen yang harus diganti atau diperbaiki.

Begitu menguntungkan jika kita memberikan perhatian kepada kendaraan roda empat yang selalu siap mengantar kita ke mana saja. Servis berkala dapat dilakukan di bengkel terdekat. Perhatikan waktu yang tepat untuk pengecekan komponen pada mobil kita. Waktu yang tepat untuk melakukan servis, dapat dilihat pada kilometer jarak yang telah ditempuh . Berikut  ini penjelasannya.

1.000 Kilometer Pertama

Mobil baru tentunya butuh pengecekan di 1.000 kilometer pertamanya. Para ahli di bengkel akan melakukan pengecekan pada komponen mobil baru. Meski baru tetap butuh dicek komponen yang terdapat pada mobil tersebut, mulai dari oli, sistem kemudi, filter udara, dan pengecekan mendalam lainnya. Hal ini guna melihat performa dari kendaraan baru.

Apabila terdapat ketidaksesuaian dalam standar atau terdapat kerusakan pada komponen tertentu, maka dengan melakukan servis berkala di bengkel mobil terdekat akan mengurangi risiko kerusakan yang lebih parah. Selain itu, mobil yang rajin diservis secara berkala akan memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

5.000, 10.000. 15.000, dan 20.000 Kilometer

Saat jarak yang telah ditempuh oleh kendaraan kita menunjukkan angka tersebut, maka itulah waktunya untuk pergi ke bengkel untuk melakukan servis mobil. Terdapat beberapa komponen yang perlu diganti saat jarak yang ditempuh mobil sudah mencapai 5.000 kilometer. Komponen tersebut ialah oli mesin, filter oli, kampas rem, dan sistem steering.

Ketika mobil memasuki masa pakai sekitar 6 bulan atau jarak yang ditempuh sudah mencapai 10.000 kilometer, maka pihak bengkel kan mengganti oli mesin dan oli transmisi. Rem juga akan dicek dan dibersihkan. Selain itu mereka juga akan melakukan rotasi ban menyilang, balancing, serta spooring.

Memasuki 15.000 kilometer, maka inilah saatnya untuk pergi lagi ke bengkel guna pengecekan secara berkala. Akan dilakukan pengecekan seputar baut kolong mobil, fluida, radiator, suspense, dan juga ganti oli yang pasti akan dilakukan setiap servis berkala. Selanjutnya ketika jarak tempuh sudah mencapai 20.000 kilometer, komponen yang akan dicek lebih banyak dibandingkan dengan servis mobil yang sebelumnya.

Hal ini terjadi karena penggunaan mobil sudah mencapai 1 tahun, sehingga akan lebih lama untuk servisnya. Hampir seluruh komponen dilakukan pengecekan, pembersihan, dan penggantian pada komponen yang telah buruk atau berfungsi secara tidak maksimal. Biasanya pemilik mobil akan disarankan untuk melakukan tune up setahun sekali guna menjaga performa mobil.

Ingat selalu bahwa mobil itu ‘bernyawa’ dan setia menemani perjalanan. Perhatikan segala kebutuhan dan perawatannya dengan melakukan servis mobil secara berkala. Cek selalu kilometer yang telah kita tempuh. Berlangganan pada bengkel resmi akan memudahkan kita untuk melakukan servis dan terhindar dari kecurangan bengkel-bengkel yang kerap membohongi pelanggannya.

shares