December 4, 2020

Perkembangan Bayi 8 Bulan yang Perlu Disimak Orang Tua

Perkembangan Bayi 8 Bulan yang Perlu Disimak Orang Tua

Seiring usia yang terus bertambah, bayi pun akan menunjukkan perkembangan yang berbeda-beda. Tentu saja, menyimak perkembangan bayi dari waktu ke waktu adalah hal yang sangat menyenangkan bagi orang tua, terutama perkembangan bayi 8 bulan. Bisa dikatakan bahwa usia 8 bulan adalah salah satu usia yang cukup krusial karena adanya beragam perkembangan bayi yang cukup signifikan.

Pengetahuan tentang perkembangan bayi tentu merupakan perkara yang cukup penting bagi orang tua. Dengan pengetahuan yang dimiliki, tentu orang tua bisa menilai apakah bayi mereka tumbuh dan berkembang dengan baik atau tidak. Jika ada indikator perkembangan yang tidak sesuai, maka ada hal khusus yang harus segera dilakukan.

Beberapa Indikator Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Ada cukup banyak perkembangan yang terjadi pada bayi yang berusia 8 bulan. Hal inilah yang membuat usia ini cukup krusial.

Adapun beberapa perkembangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menunjukkan emosi

Bayi yang berusia 8 bulan sudah bisa menunjukkan emosi atas apa yang ia rasakan. Misalnya, ketika Anda menujukkan wajah bersedih, maka sang bayi bisa menirukan Anda dan seolah-olah mereka juga merasa sedih.

Suasana hati yang sudah mulai terbentuk membuat bayi Anda cenderung lebih ekspresif. Ia bisa tertawa dan tersenyum ketika merasakan kehangatan dari orang tua atau orang lain. Sebaliknya, ia juga bisa menangis ketika orang tua atau siapa saja meninggalkannya saat bermain.

  • Mencoba menjalin komunikasi

Memang, bayi yang berusia 8 bulan umumnya belum memiliki kemampuan berbicara yang baik dan jelas. Namun, salah satu perkembangan yang terjadi pada bayi dalam usia 8 bulan adalah mereka mencoba menjalin komunikasi, terutama yang berkaitan dengan aktivitas harian.

Misalnya saja, bayi bisa memberikan kode kepada Anda ketika waktu makan sudah tiba. Tidak hanya itu, ia juga sudah mulai bisa menyadari hal yang ia sukai dan tidak disukai. Dalam hal ini, ketika Anda memberikannya telur untuk makan, bisa saja ia akan tersenyum dan memakannya dengan lahap.

  • Nafsu makan yang bertambah

Perkembangan lain yang umum terjadi pada bayi yang berusia 8 bulan adalah nafsu makan yang cenderung bertambah. Pada usia ini, bayi akan cenderung memasukkan benda-benda yang ia pegang ke mulutnya dan ia akan lebih sering merasa lapar. Oleh karenanya, orang tua harus bisa menyiasati perkembangan ini dengan menyediakan makanan yang kaya akan nutrisi.

Selain itu, perlu diingat bahwa bayi yang berusia 8 bulan masih memerlukan ASI sebagai suplai nutrisi utama. Mereka masih membutuhkan sekitar 700 ml ASI setiap harinya, meskipun Anda bisa saja menyambungnya dengan memberikan susu formula bernutrisi tinggi.

Beberapa hal di atas adalah perkembangan bayi dalam usia 8 bulan yang perlu disimak. Selain itu, Anda juga harus berusaha menjaga kesehatan bayi agar perkembangan mereka bisa maksimal sesuai indikator yang seharusnya.

shares