October 25, 2020

5 Manfaat Inulin bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Inulin bagi Kesehatan Tubuh

Secara alami, tumbuhan akan menghasilkan sebuah zat yang disebut dengan inulin sebagai sumber energi. Inulin sendiri juga mudah ditemukan dalam beberapa tempat seperti akar sawi putih, pisang, asparagus, bawang, gandum dan masih banyak lainnya. Nah, di bawah ini akan dijelaskan manfaat inulin bagi tubuh.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Inulin memiliki manfaat utama di mana ia dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar lho. Bahkan, hal ini juga sudah didukung oleh banyak penelitian. Oleh sebab itu, para peneliti juga sudah secara aktif mengeksplorasi penggunaan inulin untuk mencegah kanker sangat diutamakan.

  1. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Kadar gula darah dalam tubuh yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes. Ketika seseorang sudah mengalami diabetes. Diabetes sendiri disebabkan karena banyak faktor, salah satunya adalah terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa.

Nah, glukosa ini tidak hanya dihasilkan dari makanan yang manis seperti gula saja. Namun, karbohidrat seperti nasi dalam tubuh juga akan diubah menjadi glukosa. Nah, adanya inulin ini memiliki peranan dalam memperlambat pencernaan pada tubuh, salah satunya adalah pencernaan karbohidrat.

Dengan demikian, inulin akan mengurangi jumlah pelepasan gila dalam darah sehingga kadar gula dalam darah akan lebih terkontrol.

  1. Penyumbang Serat Penuh

Manfaat inulin bagi tubuh juga memiliki peranan dimana ia adalah penyumbang serat penuh. Mengapa demikian? Hal ini karena serat merupakan seluruh jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Serat in nantinya akan bergerak sendiri melalui usus utuh dan kemudian akan menuju ke usus besar.

Adapun fungsi serat di dalam usus sendir akan menjadi makanan bagi para bakteri yang ada di sana. Dengan demikian, sistem pencernaan akan menjadi lebih sehat dengan adanya inulin di dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain yang dimiliki oleh inulin adalah di mana zat inulin memiliki peranan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan yang berkolesterol tinggi ini biasanya mengandung banyak gula seperti es krim sehingga mereka bisa menyebabkan timbulnya penyakit komplikasi.

Nah, fungsi inulin ini digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya, inulin merupakan sebuah serat penting bagi tubuh. Banyak makanan yang berserat secara otomatis akan membuat kadar kolesterol dalam darah lebih rendah.

  1. Mencegah Obesitas

Salah satu peranan insulin bagi tubuh adalah di mana ia bisa digunakan untuk mencegah obesitas. Obesitas adalah sebuah kondisi di mana seseorang memiliki berat badan di atas angka normal. Nah, obesitas juga bisa terjadi karena seseorang terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, berprotein tanpa mengimbanginya dengan serat. Oleh sebab itu, fungsi serat inulin sangat penting untuk mencegah seseorang mengalami obesitas.

Dengan manfaat inulin bagi tubuh yang sangat aim di atas, bukankah dengan mengonsumsinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat? Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang mengandung serat inulin tinggi mulai saat ini.

shares