October 29, 2020

4 Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce

4 Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce

Mengembangkan bisnis di tengah situasi pandemi corona memang bukan hal yang mudah. Anda harus mempertimbangkan segala aspek yang bisa mengontrol pengeluaran bisnis. Mengingat pemasukan bisnis bisa saja terkena dampak perubahan perekonomian akibat pandemi yang tak kunjung berakhir. Salah satu cara menekan pengeluaran bisnis Anda selama masa pandemi adalah mempertimbangkan online fulfillment. Setidaknya Anda bisa menghemat biaya  operasional untuk pengelolaan gudang, tenaga dan administrasi.

Menerapkan strategi pemasaran E-commerce yang jitu

Tak hanya sekadar membangun dan mempertahankan momentum ditengah pandemi, Anda butuh sebuah bisnis yang bisa berkelanjutan di E-commerce. Situs E-commerce merupakan tempat paling potensial untuk meningkatkan penghasilan usaha Anda di era digital. Yuk, coba simak cara meningkatkan pemasaran bisnis E-commerce Anda berikut!

1. Membuat sistem promosi yang kuat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis E-commerce adalah membuat sebuah sistem promosi yang kuat. Pilih metode pemasaran yang paling diminati masyarakat Milenial dewasa ini seperti media sosial dan surel. Gunakan surel untuk mengingatkan pelanggan yang meninggalkan keranjang belanja di E-commerce untuk kembali ke situs dan menghasilkan penjualan.

2. Beralih pada online fulfillment

Anda mengelola barang yang menumpuk di gudang, melakukan pencatatan stok, pengemasan, dan pengiriman barang ke pelanggan sendiri. Sudah saatnya Anda beralih pada inovasi pengelolaan bisnis E-commerce terbaru yaitu online fulfillment. Anda bisa lebih fokus pada pemasaran produk dan pengembangan bisnis, misalnya promosi, pengadaan inovasi barang, layanan pelanggan, dan lain-lain.

Biarkan online fulfillment yang bertugas untuk melakukan pengelolaan barang sejak di gudang, pengemasan lebih rapi dan transportasi paket pada pelanggan. Dapatkan kelebihan hemat waktu lebih banyak sehingga Anda bisa fokus mengembangkan probabilitas perusahaan.

3. Mengantisipasi permintaan pasar

Jangan biarkan pelanggan E-commerce Anda kecewa karena barang habis stok. Lakukan perluasan barang dengan melakukan pre order sebelum merilis barang baru. Pre order bisa menjadi cara jitu untuk melihat minat pasar pada inovasi produk yang Anda tawarkan.

Atur fitur produk yang kosong menjadi wishlist agar pelanggan bisa mendapatkan notifikasi jika produk telah tersedia kembali. Sebuah cara jitu untuk mengembangkan bisnis Anda tetap diminati tanpa harus melirik kompetitor.

4. Meningkatkan layanan pelanggan

Lakukan peningkatan layanan pelanggan sebaik mungkin dengan menghargai loyalitas pelanggan setia. Sedangkan pelanggan baru wajib mendapatkan perhatian yang tak kalah baik. Selalu buka layanan pelanggan untuk mendengarkan keluhan dan kritik yang membangun. Lakukan evaluasi untuk setiap keluhan yang disampaikan pelanggan termasuk mengecek tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk perusahaan.

Beberapa cara mengembangkan bisnis E-commerce di atas wajib Anda coba terapkan, ya! Pilih jasa online fulfillment yang memiliki warehouse tersebar di seluruh wilayah. Pengiriman barang yang lebih cepat sampai ke pelanggan tanpa risiko rusak atau cacat bisa menjadi nilai unggul bisnis Anda, lho! Dapatkan lebih banyak pelanggan baru di masa pandemi dengan pelayanan jual beli online yang terpercaya.

shares